5 Peristiwa Bersejarah di Bulan Maret

Bulan Maret telah memasuki hari kedua, namun seiring dengan kesibukan masing-masing orang kadang mereka lupa akan peristiwa bersejarah apa yang terjadi di bulan maret. Bulan maret memiliki banyak hari yang bersejarah untuk bangsa Indonesia, pasalnya di bulan Maret ada berbagai macam peristiwa mengenai perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Mulai dari serangan umum 1 Maret hingga terjadinya Surat Perintah Sebelas Maret atau sering dikenal dengan Supersemar.
5 Peristiwa Bersejarah di Bulan Maret
5 Peristiwa Bersejarah di Bulan Maret
Nah pasti anda penasaran bukan peristiwa bersejarah apa sajakah yang terjadi di bulan maret, untuk mengetahui apa saja dan untuk melawan lupa tentang peristiwa bersejarah yang terjadi di bulan Maret, berikut saya hadirkan lima peristiwa bersejarah di bulan Maret.

5 Peristiwa Bersejarah di Bulan Maret

1. Peristiwa Serangan Umum di Yogyakarta
Salah satu peristiwa bersejarah yang tidak mungkin dilupakan oleh masyarakat Yogyakarta dan seluruh bangsa Indonesia pada bulan Maret yang pertama adalah terjadi pada tanggal 1 Maret, dimana pada hari tersebut terjadi peristiwa bersejarah yang sangat membekas dihati para pejuang kemerdekaan, karena pada saat itu bangsa Indonesia mengalami Serangan Umum, serangan tersebut dilakukan oleh Belanda untuk meruntuhkan proklamasi kemerdekaan Indonesia, kala itu pemerintahan RI berada di DIY atau Yogyakarta, sehingga bangsa Belanda melancarkan serangan ke kota pendidikan tersebut.

2. Ulang tahun Kostrad
Sedangkan pada tanggal 6 Maret, Indonesia juga mengalami peristiwa yang bersejarah, yakni pada hari tersebut merupakan titik awal kelahiran dari Komando Strategi Angkatan Darat atau sering disingkat dengan Kostrad, biasanya para TNI akan merayakan dengan melakukan sejumlah event, seperti simulasi latihan perang, panggung hiburan dan masih banyak lagi di bulan Maret.

3. Hari Wanita Indonesia
Bagi kaum hawa, bulan Maret merupakan titik dimana mereka berada paling atas dari segala-galanya, karena pada tanggal 9 Maret merupakan hari yang sangat bersejarah bagi wanita, mungkin banyak juga yang sudah mengenal hari bersejarah ini, terutama untuk kaum wanita, karena pada tanggal 9 Maret adalah hari wanita untuk seluruh Indonesia.

4. Hari Supersemar
Ketika Indonesia mengelami kegungcangan yang sangat hebat, kemudian pada tanggal 11 Maret, Ir. Soekarno memberikan sepucuk surat kepada Letjen Soeharto, dimana di dalam perintah tersebut berisi bahwa Soeharto diberikan mandat atau tugas untuk bisa mengembalikan kestabilan seperti dahulu lagi, pada hari inilah dikenal dengan hari Surat Perintah Sebelas Maret atau sering dikenal dengan Supermsemar.

5. Peristiwa Bandung Lautan Api
Peristiwa bersejarah yang tercipta pada bulan Maret terakhir adalah peristiwa Bandung lautan api, peristiwa bersejarah ini terjadi pada tanggal 24 Maret, dimana saat itu terjadi pertempuran, pembakaran semua fasilitas di kota Bandung, sehingga dari peristiwa tersebut munculan nama “Bandung Lautan Api”.


Nah itulah beberapa peristiwa bersejarah bangsa Indonesia pada bulan Maret. Kita sebagai bangsa Indonesia tentunya bisa selalu mengingat peristiwa-peristiwa bersejarah tersebut, terlebih apabila kita bisa menghargai dan merayakan, maka akan lebih baik lagi.