Alasan Tidak Boleh Membaca Al Qur’an Saat di Kamar Mandi

Islam sangatlah menganjurkan kepada para umatnya untuk membaca Al Qur’an setiap harinya dan juga tidak lupa untuk selalu mengamalkan, akan tetapi bagaimana hukumnya jika kita sebagai seorang muslim membawa ataupun membaca Al Qur’an di dalam kamar mandi? Pertanyaan ini hampir terdengar sederhana, akan tetapi sebenarnya untuk jewabannya sangatlah dalam dan penuh dengan perhitungan.
Alasan Tidak Boleh Membaca Al Qur’an Saat di Kamar Mandi
Alasan Tidak Boleh Membaca Al Qur’an Saat di Kamar Mandi
Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini ada beberapa alasan tidak boleh membawa ataupun membaca kitab suci Al Qur’an di dalam kamar mandi atau WC.

Alasan Tidak Boleh Membaca Al Qur’an Saat di Kamar Mandi

1. Al Qur’an merupakan anugrah dari yang Allah
Setiap anugrah yang berasal dari Tuhan yakni Allah pada dasarnya mengandung sebuah kehormatan yang harus kita jaga sebagai seorang khalifah di muka bumi ini. mulai dari anugrah rezki hingga anugrah sebuah kitab suci Al Qur’an yang maha Agung. Kitab suci yang berasal dari Allah ini harus selalu kita jaga dan hormati. Maka dari itu Allah sangat melarang para umatnya untuk membaca Al Qur’an di dalam kamar mandi, bahkan hanya sekedar membawanya. Karena hal tersebut dianggap sebagai sebuah rasa ketidak hormatan kepada Allah dan Rosulluloh SAW. Namun apabila seorang muslim hanya membawa Al Qur’an (diletakan di saku) saja tidak masalah, karena hal tersebut tidak mengandung sebuah unsur rasa tidak hormat.

2. Penghinaan kepada kitab suci Al Qur’an dan Rosul SAW
Allah telah memberikan sebuah pedoman hidup yang tertuang semuanya kedalam kitab suci Al Qur’an. Pedoman hidup ini seharusnya selalu dijaga dan dihormati oleh kaum muslimin. Penghormatan terhadap kitab suci Al Qur’an ada banyak sekali, misalkan membaca, mengamalkan isinya, melantunkan dengan sholawat, mengajarkan Al Qur’an kepada orang lain (dakwah) dan masih banyak lagi. akan tetapi jika Al Qur’an tersebut dibaca di kamar mandi, Allah sangat tidak menyukai akan hal tersebut, karena hal tersebut merupakan sebuah penghinaan terhadap kitab suci Al Qur’an, terlebih jika orang tersebut merupakan jihad fisabililah sekalipun. Allah akan memberikan azab kepada siapa saja yang membaca Al Qur’an di dalam kamar mandi, terlebih jika mereka membaca di atas toilet atau sedang melakukan buang hajat. Hal ini tidak hany berlaku untuk Al Qur’an yang dicetak dalam sebuah kertas saja. akan tetapi hal ini juga berlaku untuk Al Qur’an di dalam sebuah media. Seperti Al Qur’an digital di dalam gadget dan lain sebagainya. Pada dasarnya semua tulisan yang mengandung ayat suci Al Qur’an sangat Allah benci apabila dilantunkan di dalam kamar mandi.

Itulah beberapa alasan tidak boleh mambaca Al Qur’an di dalam kamar mandi atau WC.