Manfaat Baking Soda dalam Kehidupan Sehari – hari


Manfaat Baking Soda dalam Kehidupan Sehari – hari - Kita mungkin mengenal kegunaan baking soda dalam kehidupan sehari – hari sebagai penghilang kerak pada peralatan rumah tangga atau sebagai bahan tambahan dalam pembuatan kue atau sering orang menyebutnya dengan soda kue. Tetapi apakah kita tahu bahwa baking soda memiliki manfaat selain itu yang dapat kita gunakan. Berikut adalah beberapa manfaat baking soda dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kita manfaatkan dalam kehidupan kita
Manfaat Baking Soda
Manfaat Baking Soda
#Manfaat baking soda untuk membasmi kecoa
Hewan kecoa mungkin banyak ditemui dalam rumah yang memiliki perabotan banyak, terutama di tempat – tempat tersembunyi, misal di belakang almari atau kolong – kolong. Tetapi jangan khawatir, anda bisa membasmi kecoa dengan baking soda. Caranya yaitu campurkan baking soda dan gula pasir dengan perbandingan 1:1.  Setelah itu tempatkan campuran baking soda dan gula tadi di wadah kecil dan juga taruh air di wadah dan tempatkan di sekitar tempat sembunyi kecoa. Tunggu beberapa hari apakah ada penurunan jumlah kecoa di rumah anda, karena bangkai kecoa kemungkinan kecil untuk ditemukan.

Cara kerja dari campuran ini adalah gula akan menarik perhatian dari kecoa dan akan memakan campuran keduanya. Air yang di tempatkan disamping campuran tersebut berguna untuk meledakkan perut kecoa karena baking soda bila bertemu dengan air akan membentuk gas, sehingga akan terjadi ledakan dalam perut kecoa.
Baca juga ya: “Cara Rahasia Memasak Daun Pepaya agar tidak Pahit
#Manfaat baking soda untuk kecantikan
Ada juga yang menyebut baking soda dengan sebutan baking powder yang memiliki manfaat untuk kecantikan. Mungkin ada yang belum mengetahui jika baking soda dapat digunakan sebagai pelembab dan scrub. Baking soda cenderung murah dan aman, dan tentunya mudah didapatkan. Anda hanya perlu menggunakan baking soda dengan takaran 3 sendok dan dicampur dengan air, setelah itu campurannya anda gosok-gosokkan ke wajah dengan perlahan-lahan, setelah itu anda bilas muka anda dengan air bersih dan keringkan dengan handuk kering dengan seketika jerawat akan hilang.

#Manfaat baking soda sebagai penghilang bau ketiak
Bagi anda yang memiliki keringat berlebih terutama di bagian ketiak, mungkin akan merasakan rasa tidak percaya diri apabila berada di tempat umum. Apabila deodorant tidak mampu mengendalikan bau badan dan keringat di ketiak anda, coba gunakan baking soda sebagai penghilang bau ketiak. Caranya cukup sederhana, setelah anda mandi, ambil sedikit baking soda dan usap-usapkan ke bagian ketiak anda, tunggu beberapa saat hingga meresap, setelah itu anda dapat beraktivitas seperti biasanya.

#Manfaat baking soda untuk memutihkan gigi
Bagi anda yang setiap harinya memiliki kegiatan yang selalu berhubungan dengan orang banyak, penampilan bisa menunjang rasa percaya diri anda dan rasa nyaman dengan lingkungan, salah satunya dengan memiliki gigi yang putih dan bersih.  Untuk mendapatkan gigi yang putih dan bersih, tentu tidak hanya dengan menggosok gigi 2x sehari, berikut ada cara memutihkan gigi dengan menggunakan baking soda. Pertama siapkan cangkir atau wadah kecil, campur 1 sendok teh baking soda dengan ½ sendok teh air, aduk hingga berbentuk pasta, lalu celupkan sikat gigi yang sudah dibasahi ke campuran tadi, gosokkan ke gigi anda selama ± 1 – 2 menit, kemudian kumur dan bilas bersih dengan air. Mungkin dengan cara ini, rasa soda kue akan sangat terasa kuat. Ulangi kegiatan ini 2 hari sekali selama 2 minggu. Untuk lebih amannya, anda dapat konsultasikan dengan dokter gigi anda, karena pemakaian baking soda secara langsung terhadap gigi dapat mengganggu email gigi menjadi menipis, ini hanya cara alternatif untuk mendapatkan gigi yang putih.

Masih banyak tentunya Manfaat baking soda dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kita jumpai. Akan tetapi walaupun banyak kegunaannya, kita harus tetap waspada dengan efek samping dan bahaya baking soda untuk wajah, keamanan dan keselamatan terutama pada pemakaian baking soda yang berhubungan langsung dengan badan, dan menyangkut kesehatan. Semoga info di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.