Cara Tepat Memasak Sumsum Tulang Iga Sapi Bumbu Sederhana

Cara Tepat Memasak Sumsum Tulang Iga Sapi Bumbu SederhanaSumsung tulang iga sapi sebenarnya dapat diolah menjadi beragam kuliner. Ada banyak sekali resep yang telah tersedia di dunia maya seputar olahan sumsung tulang iga sapi tersebut, terutama olahan dalam bentuk kuah atau sop. Mengingat bahan masakan satu ini sangatlah lezat apabila disajikan bersama kuah hangat.
Cara Tepat Memasak Sumsum Tulang Iga Sapi Bumbu Sederhana
Cara Tepat Memasak Sumsum Tulang Iga Sapi Bumbu Sederhana
Salah satu resep olahan sumsum tulang sapi yang sudah sangat populer di Indonesia adalah sop iga sapi Betawi. Banyak sekali warung-warung tepian jalan yang menyajikan kuliner khas satu ini, akan tetapi untuk mencicipi kuliner satu ini Anda tidak perlu pergi ke warung. Karena pada kesempatan kali ini kami akan mencoba berbagi resep sop iga khas Betawi tersebut. untuk mengetahuinya, simak informasi berikut ini.

Cara Tepat Memasak Sumsum Tulang Iga Sapi Bumbu Sederhana

Bahan-bahan:
- Tulang Iga Sapi sebanyak ½ kilogram
- Wortel sebanyak 2 buah, potong2
- Kentang sebanyak 2 buah, potong bentuk dadu
- Air sebanyak 1000 cc
- Minyak seperlunya saja (untuk menumis)

Bumbu sop tulang iga sapi:
- Jahe ukuran 2 centimeter
- Kayu manis ukuran sebesar 3 centimeter
- Kapulaga sebanyak 3 butir
- Penyedap rasa seperlunya saja
- Biji pala cukup sebanyak 1 buah, keprok
- Garam secukupnya saja.

Bumbu-bumbu lain (haluskan):
- Bawang putih sebanyak 7 siung
- Bawang merah sebanyak 4 siung, haluskan semua.

Bahan tambahan/pelengkap:
- Irisan daun daun bawang secukupnya saja
- Irisan daun seledri seperlunya
- Bawang goreng sesuai selera
- Sambal kecap sesuai selera masing-masing.

Cara membuat sop kuah iga sapi khas Betawi:

1. Pertama siapkan terlebih dahulu panci rebus. Kemudian rebus sumsum tulang iga sapi tersebut hingga empuk bersama dengan bumbu-bumbu yang telah dipersiapkan. Semakin empuk, maka sop nantinya akan semakin nikmat. Sisihkan.  

2. Selanjutnya tumis bawang merah dan putih dalam wadah lain sampai mengeluarkan bau wangi atau harum. Lalu masukan bumbu tumisan tersebut kedalam air rebusan iga sapi. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur secara merata.

3. Rebuslah kembali bahan-bahan tersebut, lalu susul dengan memasukan potongan wortel dan kentang. Rebus bahan-bahan tersebut selama 10-15 menitan.

4. Sebenarnya sop iga sapi sudah siap disajikan, tetapi jangan lupa tambahkan bumbu pelengkap sebagai taburan diatasnya agar semakin nikmat.

5. Sajikan sop kuah iga sapi khas Betawi ini selagi masih hangat.

Sop iga sapi ini akan semakin nikmat apabila ditambah dengan perasan jeruk nipis ataupun cuka. Karena kedua bahan tersebut dapat menambah kesegaran rasa dari sop kuah satu ini. sekian pembahasan mengenai cara tepat memasak sumsum tulang iga sapi bumbu sederhana. Selamat mencoba di rumah dan semoga berhasil.